Kamis, 19 Maret 2015

tips kemping hemat


Peralatan Kemping - Pinjam Saja
Peralatan kemping — terutama yang gede semacam tenda, carrier, nesting dan kantong tidur — memang lumayan mahal. Tapi tenang, Anda bisa mencoba pinjam sama teman yang hobi kemping, mungkin mereka punya.

Kalau ternyata tak ada, toko peralatan outdoor menyewakan juga kok, dengan tarif per hari yang terjangkau Anda sudah bisa dapat peralatan kemping yang Anda butuhkan. Tapi kalau Anda memang sering kemping, mendingan investasi peralatan kemping sendiri.

Bawa Seperlunya Saja
Mau kemping berapa hari? Sesuaikan bawaan dengan kebutuhan Anda. Saat kemping mungkin Anda tak bisa mandi, jadi tidak usah bawa peralatan mandi banyak - banyak. Bawa yang esensial saja: sikat gigi, odol, dan sabun. Bawa baju ganti juga tak usah banyak - banyak, sesuaikan sama harinya saja. Toh Anda juga akan jarang ganti baju.

Bawa Termos Sendiri
Bawa termos atau tempat minum sendiri bisa menghemat uang untuk membeli air mineral kemasan. Selain itu, Anda juga bisa mengurangi sampah dan menghemat gas untuk sekedar bikin kopi.

www.belantaraindonesia.org

Kalau tempat Anda kemping ada sumber air, akan jauh lebih mudah karena Anda tak harus bawa air berliter - liter dan bisa isi ulang. Syukur - syukur kalau Anda ada water purifier, jadi airnya bisa langsung minum.

Pilih Tempat Yang Tidak Terkenal
Semakin terkenal tempatnya, biasanya bea retribusinya semakin mahal. Apalagi kalau tempat kempingnya banyak fasilitas. Lagipula, tempat yang tak terlalu ramai bisa bikin Anda kemping lebih “khusyuk.”

Bawa P3K Sendiri
Semakin terpencil tempat kemping, semakin jarang toko yang Anda temui. Mereka mungkin punya apa yang Anda perlukan, tapi harganya pasti lebih mahal dibandingkan pusat kota. Membawa obat - obatan dan P3K sendiri bisa menghemat banyak uang dan tenaga, daripada beli atau sibuk mencari saat butuh.

Pilih Transportasi Yang Murah
Pilih opsi moda transportasi yang sesuai dengan kebutuhan. Bandingkan ongkos naik kereta,bis, atau bawa kendaraan sendiri. Bawa kendaraan sendiri biasanya total ongkosnya lebih murah dibanding transportasi umum dan lebih leluasa, tapi mungkin jadi tak istirahat kalau Anda kebagian yang nyetir, apalagi kalau perjalanannya jauh.

www.belantaraindonesia.org

Buat Api Unggun
Kalau tidak dilarang, Anda bisa buat api unggun di tempat kemping dan menghemat gas untuk masak. Anda bisa mebcari kayu bakar di sekitar tempat kemping. Selain untuk masak, api unggun juga bisa untuk menghangatkan badan, terutama kalau Anda kemping di gunung.

Bawa Benda Multifungsi
Barang - barang kecil multifungsi seperti pisau Swiss Army, pisau survival, dan lakban, bisa mempermudah untuk membuat benda - benda yang bermanfaat dari bahan - bahan tak terpakai. Lebih murah daripada beli terus di buang kan?.

Cari Tempat Kemping Yang Tidak Begitu Jauh
Kalo memang budget transport Anda mepet, tak perlu kemping jauh - jauh. Pilih tempat yang mudah terjangkau sama kendaraan. Semakin pendek jarak tempuhnya, semakin banyak Anda menghemat.

www.belantaraindonesia.org

Gunakan Lampu Bertenaga Surya
Masih pakai senter bohlam yang baterenya harus diganti tiap beberapa jam? Waduh, sekarang ‘kan sudah zamannya lampu dan senter LED bertenaga surya atau batere rechargable. Selain memberikan penerangan yang jauh lebih baik dan tahan lama, lampu macam ini juga lebih ramah lingkungan karena tak meninggalkan limbah batere ( kecuali kalau memang sudah rusak! ).

Mancing Atau Bawa Bekal Makanan Sendiri
Kalau tempat kemping yang akan Anda tuju dekat dengan air ( sungai atau danau ) tak ada salahnya Anda menangkap ikan sendiri untuk dimakan ( selama tak melanggar aturan ). Atau kalau Anda tak mau repot, Anda bawa saja mie instan, sedikit beras, dan makanan kalengan.

www.belantaraindonesia.org

Nah, sudah paham kan kalau kemping tak harus mahal. Intinya bikin kemping Anda sesimpel dan seasik mungkin. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan area kemping, bawa pulang sampahnya. Yuk kemping!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar